Tips Menulis SEO Friendly

Heartless 01.14.00
Membuat tulisan atau artikel di blog itu beda sama menulis buku , Novel , Cerita dan juga cerpen atupun puisi . Meskipun pada dasarnya sama yakni menulis untuk dibaca oleh orang lain yang membutuhkan tulisan tersebut . Tapi , karena disini kita berkutat pada blog yang harus lagi lagi memperhatikan Search Engine , maka pengertian SEO ( Search Engine Optimation ) akan menjadi point yang begitu penting dan harus diperhatikan .


Oke , mungkin anda adalah seorang penulis buku , novel , cerpen atau penyair puisi yang sudah handal sekali dalam menulis , tapi pernahkah anda memikirkan mengenai SEO pada setiap Novel dan cerpen serta puisi anda ? Inilah yang menjadi Perbedaan mencolok antara penulis buku dan Penulis Blog ( Blogger ) .

Hal yang penting sekali di diperhatikan Blogger


SEO , adalah momok yang masih terkesan mengerikan ketika kita kembali mengingat siapa yang akan membaca postingan kita dan apakah ada orang yang bisa melihat dan membaca artikel kita ?
Percuma saja kita menulis banyak banyak dengan lugas , jelas serta menyentuh jika tidak ada satu orang pun yang membaca karena tidak bisa dijumpai di Search Engine .

Untuk itu menulis dengan tetap memperhatikan kualitas SEO adalah hal yang sangat perlu di amati secara mendalam .

Oke , mungkin template yang kita gunakan sudah bagus dari sisi SEO , Meta Description yang kita terapkan sudah sangat kompleks mewakili isi dari keseluruhan konten , Keyword keywod yang kita tanam sudah mengenai target pasar , tapi bagaimana dengan konten blog , dalam hal ini tulisan ?

Banyak yang akhirnya lupa termasuk saya sendiri dengan alasan template sudah SEO friendly , dan akhirnya asal menulis dan tidak memperhatikan keyword pada tulisan . Oke SEO di template memang membantu , tapi lebih tepat lagi SEO di Artikel yang akan lebih mengangkat keseluruhan Blog beserta templatenya ( interface ) .

Saya jadi ingat beberapa waktu lalu sempat melihat data statistik yang masuk di bog lama saya dengan trafik yang lumayan besar , dan memang kata kunci yang masuk bukanlah kata kunci yang ada di template , melainkan kata kunci yang ada di artikel dan saat itu saya sama sekali tidak menentukan kata kunci yang masuk itu sebagai keyword dari postingan apalagi template blog saya . Dan itu sedikit aneh menurut saya yang masih terkesan Newbie . Dan itu faktanya .

Nah menyikapi hal itu maka kali ini kita bisa melihat bahwa kata kunci yang sangat erat kaitannya di Search Engine adalah kata kunci yang kita tentukan di dalam artikel , bukan di template . Meskipun keduanya memang sama sama penting .

Dan di artikel ini saya akan menjabarkan mengenai Tips Menulis SEO Friendly yang semoga saja dapat dimengerti dengan baik dan dapat dipahami serta bisa kita terapkan juga dan berhasil mengangkat nilai artikel kita serta blog kita di mata mesin pencari .

Sebelum kita memulai topik tentang ini , ada perlunya kita untuk berdoa dulu dan sedikit menghela nafas karena mungkin tulisan ini akan terlalu panjang .

Kita mulai dari yang paling awal sekali sebelum kita putuskan untuk menulis adalah dengan menentukan topik tulisan kita .

Menentukan Topik Artikel


Menentukan topik artikel adalah hal yang sama sekali tidak boleh disepelekan begitu saja . Disini kita harus benar benar cermat dalam menentukan topik apa yang di inginkan oleh banyak orang ( pembaca ) atau paling banyak dicari orang . hal ini tentu bukan berarti kita harus mengikuti trend yang ada dan melepaskan Niche blog kita dan menjadi blog serba ada yang tidak jelas arah topiknya kemana .

Inilah tantangan terberat menurut saya . Ketika kita sudah komit dengan Niche tertentu sementara trend saat ini membahas topik yang lain . Dan sebenarnya ini yang sangat penting . bagaimana kita bisa menyikikapi hal itu dengan baik dan bijak tanpa kita keluar dari koridor yang sudah kita tentukan di awal membuat blog .

Menentukan topik tidak harus mengambil ayng jauhkeluar dari jalur Niche , dan yang lebih disarankan lagi adalah jika kita bisa mengambil topik yang selalu hangat atau Everlasting .
Di awal ngeblog saya dulu saya dituntut untuk membuat artikel abadi yang tidak akan basi tergerus trend dan itu sangat sulit untuk saya saat itu . Dan inilah tantangan yang harus kita ambil .

Analisis Kompetitor


Melihat apa saja yang ditulis oleh kompetitor , dalam hal blogging adalah blog yang bertema sama ( Niche sama ) dengan blog kita dan melihat seperti apa strategi yang mereka terapkan dan tren apa saja yang tengah mereka bicarakan . Dalam hal ini bukan berarti kita harus mencopas artikel dari blogger lain dengan konten serupa , melainkan mengisi kekosongan yang belum terisi oleh blog kompetitor .

Menentukan Judul Artikel


Setelah kita putuskan untuk Ya ini saat nya menulis artikel ! , maka kita harus dengan benar menggunakan judul dari artikel yang akan kita posting . Usahakan sebisa mungkin mengandung keyword tentang isi dari artikel yang akan kita tulis . Dan lagi , Membuat judul adalah hal yang lumayan rumit ketika kita harus mempertimbangkan nilai dari sisi SEO artikel . Disini kita bisa mgnggunakan beberapa macam tool yang berfungsi untuk menentukan susunan kata dalam judul artikel .

Dalam membuat judul usahakan bisa mewakili isi postingan , Deskriptif dan bisa menggambarkan semua materi artikel .

URL Permalink Custom


Setiap menulis artikel , jangan malas untuk mensetting URL Custom di panel sebelah kanan . Hal ini bertujuan untuk menyaring dan memastikan bahwa URL dari artikel kita cukup mewakili keyword yang kita incar . Jika kita membuat judul artikel yang lumayan panjang , maka akan secara otomatis terpotong pada URL artikel tersebut . Dan itu akan mengurangi tingkat SEO dari artikel yang kita post . Untuk itu pastikan selalu untuk mensetting URL dengan kata kata pilihan dan kata penting . Dan hindari penggunaan kata sambung seperti DAN,YANG,DI dan lain sejenisnya .

Related URL


Maksudnya adalah di dalam postingan yang kita buat , jangan sungkan untuk mengkaitkan url artikel di halaman lain . Hal ini berfungsi untuk menambah Page views dan juga hal ini lebih disenangi Google .

External Link


Pentingnya link dari luar pada artikel itu tergolong cukup vital , tentunya dengan relevansi yang akurat . jangan sungkan untuk meletakkan link sumber , asal link tersebut bukan dari blog dengan reputasi buruk atau tengah dalam masa karantina Google . Pastikan link yang keluar dari blog kita merupakan website dengan reputasi baik dan masih terkait dengan konten yang blog kita sajikan .

Image Custom


Pemakaian gambar dalam artikel itu sangatlah perlu . Entah apa yang mereka pikirkan ketika dalam postingan yang lumayan panjang sama sekali tidak terdapat gambar . Selain berfungsi sebagai Infographic , Gambar juga berfungsi sebagai penunjuk untuk para pembaca , semisal anda memberikan tutorial dengan gambar .
Selain itu gambar dalam artikel juga berfungsi sebagai Jeda jika artikel anda terlalu panjang dan bermuatan materi yang cukup berat . Tanpa adanya jeda gambar , mata pengunjung akan cepat lelah karena terus terusan berhadapan dengan huruf yang berukuran kecil .

Dalam mengupload Gambar usahakan selalu perhatikan penamaan gambar yang akan kita unggah . Jangan malas untuk mengganti nama gambar yang akan kita unggah dengan keyword dari materi artikel .

Format gambar juga merupakan hal yang perlu diperhatikan . Jika kita menggunakan gambar hanya untuk Infographic , gunakan saja gambar dengan ekstensi JPG , dan kalau kita membutuhkan nilai transparansi dari konten gambar tersebut , maka gunakan gambar dengan ekstensi PNG . Untuk gambar jenis PNG ini biasanya berukuran besar dan akan berat saat di load , untuk mengatasinya kita bisa mengkompress gambar tersebut agar bisa menjadi lebih ringan untuk di load pada halaman artikel .

Untuk menggunakan gambar animasi , gambar gif adalah yang paling recommended dibanding flash dan sejenisnya . Dan kalau memang bisa , kompress terlebih dahulu .

Lalu perhatikan juga ukuran gambar yang mungkin akan overwidth saat artikel dimuat oleh perangkat dengan layar yang lebih sempit, mengatasi hal tersebut silahkan baca halaman Membuat Gambar post Responsive dan Valid HTML5.

Penamaan Gambar


Selain mengganti nama gambar seperti yang saya sebutkan diatas , memberi nama pada title dan tag ALT ini juga menjadi salah satu nilai tambahan di mata mesin pencari . Google dengan robotnya akan kerepotan saat diminta untuk membaca gambar , dan penerapan tag ALT berfungsi untuk mengganti itu agar Google bisa dengan cepat membaca muatand alam gambar . Untuk itu usahakan selalu menerapkan Custom pada tag ALT agat Google lebih bersahabat dengan konten kita .

Penggunaan Heading ,Penerapan Font Style


Pnerapan Heading di dalam artikel adalah bertujuan untuk mengkategorikan subtopik pada artikel .
Untuk Heading ini setiap template bisa jadi berbeda pola susunannya tergantung dari si pembuat templatenya . Pada umumnya Judul artikel adalah h1 dan widget adalah h2 . Untuk sub heading disini menggunakan h3 , karena sub heading harus menggunakan level dibawah heading . Untuk heading di blogspot itu mencapai h5 dan itu sudah sangat rendah nilainya . Saya sendiri mentok di h3 untuk penerapan ini dalam artikel .

Dan selain itu penerapan style font juga sangat penting . Disini ada 3 macam style yang ditawarkan secara standar yakni Bold , Italic, dan Underline dimana fungsinya adalah untuk membuat penekanan pada kata atau kalimat . Google akan sangat memperhatikan hal ini , dan Google akan menganggap bahwa penekanan yang terdapat di dalam kalimat adalah hal penting yang bernilai . Dan google memberikan nilai itu .

Menentukan kelayakan Artikel


Siapa yang akan membaca artikel kita ? Mesin pencari atau pengunjung blog ? Ini adalah point penting , dalam hal ini terakhir sebelum artikel di publish . Bagaimana menilai kelayakan artikel setelah kita custom sedemikian rupa ? Apakah sudah layak dibaca publik atau baru layak untuk di nilai mesin pencari ?

Bisa saja artikel kita bernilai dimata mesin pencari karena nilai SEO nya bagus , tapi ternyata isinya berantakan dan tidak relevan dengan materi yang ingin baca pengunjung ( Menang keyword ) . Hal ini tentu akan berdampak tidak baik buat si pemilik Blog karena bisa bisa bounce rate meledak gak keruan karena dianggap tidak layak baca dan sesegera mungkin ditinggalkan pengunjung .

Note :


Menata blog untuk menjadi SEO Friendly tidaklah segampang kita menginstal template pada blog dan mempublish artikel . Perlu uji coba dan eksperimen yang berkelanjutan , untuk itu selalu pelajari hal hal baru dalam dunia SEO karena para pakar SEO juga akan terus mengupdate triknya agar blog lebih unggul dimata mesin pencari .


Mungkin saat ini segitu saja dari saya , dan jika masih ada kekurangan atau malah bahkan banyak kekurangan silahkan dikoreksi dengan sebaik baiknya . Dan demikian Tips Menulis SEO Friendly dari saya yang saya dapat dari berbagai narasumber di Internet terkait SEO , dan semoga bermanfaat .

Share this

Frontman - Assassine

Related Posts

Previous
Next Post »