Cara Membuat Blog di Blogger

Heartless 03.09.00
Cara Membuat Blog di Blogger - Perkembangan internet saat ini sudah sangat maju dan akan terus berkembang kedepannya. Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat dunia. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa "Tiada hari tanpa internet".


Hal itu memang sedang terjadi dan kita yang mengetahui hal tersebut sudah sepatutnya tidak diam saja dan melihat, melainkan ikut berpartisipasi dan mengambil keuntungan sebanyak yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah dengan cara menjadi Blogger.

Internet adalah dunia tanpa batas yang begitu luas dengan banyak sekali pengguna yang terus bertambah setiap harinya. Kenapa demikian ?
Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan di internet seperti berinteraksi di sosial media, berselancar mencari informasi sesuai kebutuhan, belanja online dan jualan, serta menulis dan mendapat penghasilan.

Nah yang akan kita bahas di bab ini adalah mengenai point yang terakhir yakni menulis dan mendapat penghasilan. Caranya??? Dengan memiliki Blog.

Apa itu Blog ?

Blog adalah singkatan dari WebLog dimana sifatnya adalah sebuah kumpulan halaman di internet yang bisa diakses secara online melalui URL dan bersifat dinamis yakni informasinya terus berubah berbanding lurus dengan waktu.
Pada awalnya Blog hanya digunakan untuk menulis seputar kehidupan pribadi seseorang seperti layaknya buku Diary online, disana orang bisa menuliskan tentang dirinya,keluarganya,binatang piaraan dan masih banyak yang lain.
Namun sekarang Blog jika dilihat dari fungsinya sudah sangat mengalami banyak sekali perubahan dan pengembangan. Yang dulu blog hanya digunakan untuk menulis buku harian, sekarang Blog bisa digunakan untuk ajang promosi,presentasi,buku panduan,media informasi berita hingga yang saat ini tengah marak yakni toko online.

Macam-Macam Blog CMS

Untuk memulai bloging, ada beberapa hal yang harus kita mengerti sebelumnya seperti yang paling penting adalah tentang CMS ( Content Management System ) atau bisa disebut system manajemen konten. Diluaran sana ada banyak sekali CMS bloging yang bisa kita gunakan dengan gratis maupun berbayar seperti Blogger,Wordpress,Webly,Joomla serta Drupal.

Setiap CMS memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Perlu dibahas ?
Pertama kita mengenal Wordpress. Dan wordpress sendiri ada dua macam dan keduanya gratis.
Yang pertama adalah Wordpress.com adalah sebuah layanan bloging dimana kita bisa dengan mudah dengan mengikuti petunjuk yang tersedia dan blog yang kita buat akan langsung online. Hanya saja wordpress.com memiliki banyak sekali keterbatasan pada pengguna, dan salah satu yang sangat terlihat adalah bahwa pengguna tidak bisa mengunggah desain blog ke wordpress.com, melainkan hanya bisa menggunakan desain yang sudah disediakan dengan fitur ala kadarnya. Namun kelebihannya adalah wordpress menyediakan banyak plugin gratis untuk menambah fitur blog namun tetap saja plugin gratis yang alakadarnya. Semua itu dibuat untuk mengarahkan pengguna lebih memilih wordpress jenis kedua yaitu wordpress.org

Wordpress.org
Jika wordpress.com adalah layanan blogin, berbeda dengan wordpress.org dimana ia adalah sebuah apllikasi gratis yang bisa diunduh untuk membuat website/blog secara offline (local host). Dan fungsi utama dari CMS wordpress ini adalah untuk membuat website profesional karena banyak sekali dukungan plugin yang bisa di instal untuk menambah fitur website secara gratis maupun berbayar.
Untuk bisa menggunakan wordpress CMS maka pengguna setidaknya sudah sedikitnya menguasai bahasa pemrograman HTML dan selanjutnya harus memahami Php Script.

Masih ada banyak yang lain seperti Webly,Blogdetik,Drupal,Joomla dll yang tidak akan kita bahas satu persatu.

Singkat saja setelah kita melihat sedikit spesifikasi dari Cms diatas, sebagai pemula dalam bloging sebaiknya kita memilih layanan bloging yang paling mudah,gratis serta tidak ada batasan berarti yatu Blogger CMS.

Apa Itu Blogger ?

Blogger adalah layanan Bloging untuk membuat blog secara gratis dengan dukungan fitur yang tidak terbatas. Blogger merupakan salah satu produk dari Google sehingga dari segi kualitas dan dukungan sudah tidak perlu diragukan lagi.


Keunggulan Blogger

Blogger memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh CMS lainnya mulai dari ketersediaan pilihan desain blog yang bejibun, pengelolaan yang lebih mudah namun kompleks, antar muka yang sangat mudah dpahami oleh orang yang baru mengerti internet sekalipun, pemformatan posting yang mudah, dan masih banyak keuntungan yang lainnya seperti misal dikemudian hari blog sudah mulai terkenal maka kita bisa memberi custom domain.

Cara membuat Blog di Blogger

Sebelum kita memulai panduan lengkapnya, ada hal yang harus kita ketahui bersama bahwa untuk membuat Blog kita memerlukan Email yang bisa kita pelajari lagi pada Bab membuat email di Gmail (Recomended).

Baik, saya asumsikan di fase ini kita sudah memiliki Email aktif di Gmail agar lebih mudah.

Langkah membuat Blog

  1. Ketik http://blogger.com di jendela browser
  2. Akan muncul halaman login seperti pada gambar, kita masukkan email dan kata sandi. Kata sandi ini adalah sama dengan yang kita gunakan untuk masuk ke email.
  3. Isilah formulir data Anda yang terlampir seperti:
  4. Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda.
  5. Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria.
  6. Penerimaan Persyaratan : Ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebihdahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak Blogger agar Anda mengerti.
  7. Klik tanda pandah bertuliskan "Lanjutkan" kemudian "Blog baru".
  8. Selanjutnya isi formulir data blog Anda pada form yang disediakan seperti:
  9. Judul : Isi dengan judul blog yang Anda inginkan, misal : Panduan dan Tutorial Blogger
  10. Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
  11. Template : pilih template (tampilan blog) yang Anda disukai
  12. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.
  13. Sampai di tahap ini kita sudah selesai membuat Blog. Namun tidak cukup sampai disini, setidaknya kita harus mengisi blog kita dengan minimal satu artikel untuk menghindari anggapan spam dari Google. 
  14. Buat posting pertama seperti gambar dibawah ini
  15. Isi judul artikel kemudian tuliskan apa saja yang ingin kita tulis pada artikel kita.
  16. Selanjutnya kita bisa melihat pratinjau atau tampilan sementara sebelum kita mempublishnya. Dan jika sudah final, maka tinggal klik publish/publikasikan.
  17. Sekarang tinggal kita promosikan blog kita ke sosial media atau ke teman atau kerabat bahwa kita suah memiliki sebuah blog.

Nah setelah kita selesai membuat blog dan membuat posting blog di Blogger, sekarang kita akan masuk ke tahap selanjutnya yang akan kita bahas di bab berikutnya yakni Mengenal Layout Blogger secara menyeluruh dan Setup rahasia Blogger yang ampuh untuk meningkatkan kualitas blog.
Namun sebelum itu, kita wajib harus memperhatikan terlebih dulu mengenai Optimasi SEO pada Blog Baru untuk membuat blog baru kita lebih cepat dikenal orang.

Share this

Frontman - Assassine

Related Posts

Previous
Next Post »