Widget Yang Merugikan Blog

Heartless 00.17.00
Widget Yang Merugikan Blog - Widget atau alat bantu atau bisa juga dibilang alat pendukung di blog memang sepertinya harus ada . Selain halaman akan terkesan lebih hidup , pemasangan widget juga akan memberi kemudahan bagi para pengunjung blog ataupun website . Jika , widget itu memang berguna untuk para pengunjung .


Tapi ... Ada dan bahkan banyak sekali widget yang sebenarnya tidak begitu penting namun dipasang di Blog . Apa tujuannya ???

Dibawah ini saya mau membahas beberapa widget yang menurut saya tidak perlu ada di Blog karena sama sekali tidak berguna untuk para pengunjung maupun pemilik blog .

Widget Negatif



Flag Counter


Widget Flag Counter adalah widget dari pihak ketiga yang sering sekali kita temui di blog Indonesia . Mungkin banyak juga blog luar yang menggunakan widget ini dan memang widget ini asal nya dari luar . Namun pentingkah widget ini terpasang ?

Widget Counter fungsinya adalah memberikan informasi data kunjungan menurut negara . Ya fungsinya adalah untuk memberitahukan siapapun yang membuka halaman tersebut bahwa blog tersebut sudah dikunjungi oleh orang dari seluruh dunia . Tapi pertanyaannya adalah apa itu penting buat para pengunjung blog ? Itu yang harus dipertimbangkan .

Facebook Like Pop Up


Widget ini sering sekali kita jumpai bahkan di website besar yang tidak bisa disebutkan namanya . Model pemasangannya adalah Pop Up dan otomatis akan menutupi halaman utama dari Blog tersebut . Tujuannya adalah meminta kepada para pengunjung untuk klik "LIKE" . gaya pemasangan widget ini juga beragam mulai dari yang sekedar nongol dan ilang kalau di Klik Close dan ada juga yang harus menunggu beberapa detik ( biasanya ribuan ) untuk bisa menghilangkan widget itu . Dan itu sangat mengganggu .

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menambah Fans di Fanspage tanpa menyusahkan para pengunjung blog dan itu lebih masuk akal .

Mashable Subcribtions Widget


Fungsi dari widget ini adalah memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk menjadi pengikut setia dari blog tersebut . Selaini itu widget ini juga akan menampilkan data valid jumlah follower twitter dan likers fanspage serta google+ . Tapi pada faktanya widget ini cukup berat saat di load . Untuk itu perlu sekali berpikir ulang jika ingin menampilkan widget ini di blog . Toh ada Subscribtions Form yang lebih ringan dan stylish dan lebih recommended dari widget mashable ini .

Geo Widget


Tidak jarang loh blog yang memasang widget ini dengan maksud ingin menunjukan pada dunia bahwa blog tersebut sudah dikunjungi oleh jutaan orang ( mungkin ) dari seluruh dunia . Lalu apa pentingnya ? Pamer ?

Widget ini sama sekali tidak penting untuk para pengunjung blog yang berniat untuk membaca artikel dan bukan untuk melihat jumlah visitor blog tersebut .
Selain itu masih ada widget statistik bawaan Blogger yang lebih akurat dalam menampilkan data kunjungan blog ( Page views ) dan itu lebih ringan .

Musik


Widget musik akan menambah suasana dan juga mendukung tema pada blog tersebut . Tapi ... apa itu perlu ? Toh tidak semua komputer ada speakernya . Dan faktanya widget musik itu justru bisa merusak suasana blogging dan browsing si pengunjung dan parahnya hal itu bisa membuat pengunjung buru buru Close tab karena berisik .
Kemarin saja saya sempat mengagetkan tetangga karena membuka Blog dengan musik yang cukup nge-beat dan saat itu saya set Speaker Volume 100% .

Biasanya widget ini terpasang pada blog-blog personal dan Diary's Blog .

FeedJit


Masih soal data visitor yang tampil di Blog . Pertanyaannya adalah , apa itu perlu untuk ditampilkan ???
Beberapa waktu yang lalu saya sempat mampir di sebuah blog ( wanita ) yang membuat saya agak bingung dan heran . Ada banyak sekali widget visitor disana , dan 3 diantaranya adalah FeedJit . Ko bisa begitu yah ?
Dan anehnya lagi disitu di set untuk tampil disemua halaman yang pada akhirnya akan membuat halaman tersbut menjadi aneh saat isi postingnya pendek . Dan itu memang benar benar sering sekali terjadi di Blog Indonesia .
Bukan hanya itu , di Feedjit para pengunjung yang datang akan tampil dengan kata kunci yang digunakan dan ini bisa menguntungkan para pesaing untuk mengambil kata kunci yang menjadi favorit di vlog tersebut . Dan lagi , secara tidak langsung jika kita memasang widget Feedjit maka kita adalah menjadi pemasar iklan yang dipasang di widget tersebut . Apa itu menguntungkan buat kita ? Dan apa itu berguna buat pengunjung ?

Float Content


Konten melayang yang bkin blog jadi terkesan Rusuh . Biasanya widget ini berisi iklan yang terpampang melayang di samping kiri kanan dan juga bawah blog . Dan anda tau apa dampak yang timbul ?
Apa pengunjung akan klik widget iklan ( mungkin PPC ) tersebut ? Tidak .

Kebanyakan pengunjung akan merasa risih dengan iklan iklan tersebut dan jangankan mengklik iklannya , untuk datang lagi ke blog tersebut juga malas .

Dan lagi konten yang muncul adalah terserah pada Advertiser iklan toh , kadang iklan yangmuncul sama sekali tidak mendidik dan bahkan berbau Porno . Mungkin ini tergantung dari layanan mana yang digunakan .

Label


Widget ini adalah widget default blogger yang memang selalu muncul saat kita instal template . Mungkin kebanyakan blogger menggunakan widget ini termasuk saya . Tapi kenapa saya bilang ini tidak perlu dipasang ? Karena widget ini tidak membantu kita dalam Hal SEO , kecuali mungkin jika kita sudah men-setting robot txt untuk mengindeks widget label .

Fungsi utama dari widget ini mungkin akan membantu para pengunjung untuk menemukan topik artikel yang dibutuhkan oleh para pengunjung dan ini cukup membantu .


Kesimpulan


Menambahkan widget apapun ke blog adalah hak dari setiap pemilik blog dimana itu adalah komponen yang mendukung materi dari konten blog itu sendiri. Namun jika ternyata pemasangan widget justru malah merugikan blog, maka lebih baik gunakan metode lain atau widget yang lain yang masih berhubungan dengan blog dan materinya.



Share this

Frontman - Assassine

Related Posts

Previous
Next Post »